Acara Bodoh: On The Spot Trans 7

22 Aug 2011

Sejak kecil saya termasuk orang yang sangat menyukai acara televisi yang berisi tentang ilmu pengetahuan, realita kehidupan, alam, pengetahuan umum, dan lain-lain. Intinya adalah acara yang bersifat dokumenter. Kalaupun fiksi ya fiksi yang bersifat ilmiah (science fiction).

Oleh karena itu saya menyambut antusias munculnya acara On The Spot di Trans 7. Buat saya acara ini bisa menjadi semacam obat rindu sejak acara-acara produksi National Geographic, Discovery dan BBC makin jarang ditayangkan. Mungkin tinggal ANTV yang masih menayangkannya.

Untuk satu episode acara semacam Flora & Fauna-nya TVRI saja, saya bisa menonton sebanyak lebih dari sepuluh kali. Karena begitu intensnya saya mengikuti acara-acara semacam itu makanya saya sampai hafal seluk beluk kehidupan binatang.

Berbekal dari pengetahuan itulah saya bisa menilai bahwa materi program acara On The Spot makin lama makin ngawur. Saya tidak menyangka jika sebuah stasiun televisi berkelas nasional seperti Trans 7 membuat sebuah program acara tanpa ada seorang pengawas yang cukup ahli mengenai materi yang disajikan.

Melalui forum ini saya memberikan saran kepada pihak yang membuat program acara On The Spot Trans 7 agar lebih selektif dan melibatkan pihak yang lebih berkompeten agar materi yang disajikan lebih sesuai dengan kondisi di lapangan maupun dengan ilmu pengetahuan.

Contoh kasus:

1. Pada episode hewan-hewan aneh.

Lima hewan yang ditampilkan pertama adalah lima jenis hewan yang memang dikaruniai keunikan. Misalnya tubuhnya bersinar, mampu mengubah diri sesuai dengan lingkungan (mimikri), dan lain-lain.

Dan dua hewan aneh yang terakhir adalah …

Kambing bermata tiga dan satunya kalo ga salah adalah sapi berkaki lima. Hewan yang aneh karena terlahir abnormal. Bukan sebuah keunikan bawakan dari alam.

Sungguh sebuah perbandingan yang bukan apple to apple. Lebih mirip perbandingan kelengkeng dengan nanas …

2. Episode 7 hewan pencuri versi On The Spot:
1. Kera
2. Camar Laut
3. Heyna
4. Scorpion Fly
5. Serigala Abu-Abu
6. Gurita
7. Tupai.
Dari 7 itu yang di alam punya sifat pencuri hanyalah Heyna. Di mana dia biasa mencuri makanan dari cheetah, macan tutul, anjing liar dan singa betina (karena Heyna tidak berani menghadapi singa jantan). Itupun pembahasannya ngawur dan tidak nyambung.
Yang paling parah adalah saat memasukkan gurita sebagai hewan pencuri.
Naratornya mengatakan bahwa gurita biasa mencuri ikan, kepiting, udang dan lain-lain.
Mencuri dari siapa? Lha wong di layar terlihat bahwa dia menangkap sendiri mangsanya gitu kok.
Mencuri dari alam?
Pokoknya ngawur dah


TAGS on the spot dokumenter


Comment
  • rius 5 years ago

    pasti lw lulusan smu…lw ga ngerti suatu program bisa nya ngekritik…kya lw bsa aja buat program…orang kya lw w bsa di tebak penganngguran

  • endang siswati himawan 5 years ago

    hehehelucu postingannya mas……trus ada lagi selain hewan2 yang ditampilkan, biasanya ada 7 hantu, 7 film horor dsb…sama sekali ga mendidik…btw daripada nonton sinetron, mendingan dikit sih….

  • munahnugroho 6 years ago

    hahaha.. emang bener sih, mungkin guritanya mencuri di laut sendiri.. padahal memang itu milik dia, tapi aku suka nonton on the spot..

  • akung kusumo 6 years ago

    Namanya juga acara cuma ngejar rating mas, perkara isinya “payah”…..hehehehehe

  • dyno 6 years ago

    kenapa cuma 7…atau kenapa angka disitu…yah karena baru terkumpulnya segitu sdh harus tayang…seringnya memang ngawur dan tdk berbobot.

  • setio 6 years ago

    Saya setuju banget memang kadang informasinya ngawur, acara itu kan diambil dari youtube tapi sekarang malah banyak yang bikin program itu di Tv lain pokoknya yang pakai Spot gitu, intinya sama diunduh dari youtube semua.

  • ariomaharianotofan 6 years ago

    National Geographic, Discovery Channel, dan program-program dokumenter lainnya lebih sangat detil, akurat, dan informatif, serta menghibur pula..

  • ario mahariano tofan 6 years ago

    well done!

-

Author

Follow Me