10 Ciri Instansi Pemerintah Korup …

13 Sep 2011

Penilaian bersih atau kotornya sebuah instansi tentunya harus dilakukan melalui sebuah pemeriksaan/penyidikan oleh instansi penegak hukum.

Tapi itu tentunya membutuhkan waktu yang lama dan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa masyarakat Indonesia suka dengan sesuatu yang instan dan tergesa-gesa. Oleh karena itu saya akan memberikantips 10 cara cepat dan mudah mengenal bersih atau tidaknya sebuah instansi dari praktek pungli, kolusi, korupsi dan nepostisme.

Berikut uraiannya.

10 INDIKASI INSTANSI BERSIH/KORUP:

1. Kebiasaan makan para pegawainya

Instansi yang bersih:

Jika makan di warung makan para karyawan akan membayar sendiri-sendiri makanan mereka. Jarang ada acara makan-makan.

Instansi yang korup:

Ada kebiasaan saling traktir antar pegawai. Sering ada acara makan-makan. Uang mudah keluar mudah.

2. Pegawai honorer

Instansi yang bersih:

Biasanya hanya mempekerjakan tenaga honorer di bidang kebersihan dan keamanan saja. Itupun biasanya merupakan tenaga outsourcing.

Instansi yang korup:

Banyak mempekerjakan honorer. Para pegawai honorer ini terdapat di semua seksi yang ada di kantor. Pegawai asli malah lebih banyak menganggur. Pegawai honorer umumnya adalah kerabat dari pegawai dengan harapan kelak akan diangkat sebagai pegawai tetap.

3. Keberadaan orang asing

Instansi yang bersih:

Tidak pernah ada orang-orang asing yang bercokol di kantor ataupun di sekitar kantor.

Instansi yang korup:

Biasanya sering dihuni oleh orang-orang asing/bukan pegawai. Mereka setiap hari bercokol di dalam atau di sekitar kantor tersebut. Biasanya mereka menjadi calo atau makelar penghubung antara orang kantor dengan warga yang membutuhkan layanan.

4. Sikap bawahan terhadap atasan

Instansi yang bersih:

Sikap hormat bawahan terhadap atasan sewajarnya. Begitu juga atasan terhadap bawahan tidak akan terlalu menuntut. Tugas atasan terhadap bawahan akan dianggap sebagai beban. Tidak ada pamrih atau harapan tertentu. Tercipta suasana egaliter.

Instansi yang korup:

Sikap hormat bawahan terhadap atasan berlebihan dan cenderung menjilat. Bawahan disuruh atasan malah senang dan bangga. Merasa jadi orang penting. Ada pamrih mendapatkan sesuatu. Entah jabatan atau materi. Atasan cenderung sangat berkuasa dalam mengatur kantor tanpa ada yang berani melakukan kritik atau protes.

5. Ada Seksi favorit

Instansi yang bersih:

Tidak ada satu bagian kantor yang menjadi favorit dan diincar banyak orang. Semuanya sama saja. Yang membedakan hanya pekerjaannya.

Instansi yang korup:

Ada seksi tertentu yang menjadi incaran banyak orang. Mereka menyebutnya dengan istilah seksi basah dan seksi kering. Seksi ini menjadi sumber dana bagi semua kegiatan foya-foya kantornya.

6. Target

Instansi yang bersih:

Para pegawainya sangat menyukai target dan pekerjaan yang memerlukan biaya rendah untuk menghindari resiko kesalahan dan beban pekerjaan yang berat.

Instansi yang korup:

Para pegawai mengharapkan target pekerjaan yang tinggi dan berbiaya besar. Karena semakin besar biaya yang terlibat semakin besar peluang korupsinya.

7. Auditor atau Pemeriksa

Instansi yang bersih:

Biasa-biasa saja didatangi tim auditor/pemeriksa baik dari internal maupun eksternal. Temuan dari tim pemeriksa akan direspon sesuai dengan saran pemeriksa. Instansi yang bersih biasanya juga jarang sekali kedatangan tim auditor/pemeriksa. Umumnya pemeriksa yang bersih enggan mengaudit kembali karena jarang menemukan koreksi atau bagi tim auditor yang nakal merasa tidak memperoleh sesuatu. Instansi yang bersih umumnya berani nyuekin tim auditor/pemeriksa.

Instansi yang korup:

Ketakutan menghadapi pemeriksa. Saran dan temuan Pemeriksa akan dihadapi dengan berusaha membayar/menyuap tim auditor agar menutupi atau membelokkan temuan tim auditor/pemeriksa. Tim auditor suka banget mendatangi intansi model begini. Bahkan cenderung menjadi langganan. Karena dengan mudah mereka akan mendapat banyak temuan. Dan bagi tim auditor yang nakal mereka akan mudah memperoleh sesuatu dalam jumlah besar. Di sini tim auditor akan dilayani bagaikan raja.

8. Wartawan

Instansi yang bersih:

Instansi yang bersih akan menghadapi wartawan dengan sewajarnya. Tidak menutup-nutupi keadaan di kantor. Akibatnya sebuah instansi yang bersih jarang didatangi wartawan. Utamanya wartawan yang nakal karena tidak pernah mendapatkan sesuatu. Wartawan yang datang biasanya memang serius akan meliput suatu berita atau mencari data yang valid.

Instansi yang korup:

Ketakutan didatangi wartawan. Mereka sebisa mungkin menghindari bertemu wartawan dan menolak wawancara. Instansi seperti ini sering menjadi incaran wartawan. Umumnya adalah wartawan nakal yang mengharapkan sesuatu.

9. Parsel dan makanan

Instansi yang bersih:

Tidak ada parsel atau makanan kecil yang berlimpah di kantor. Umumnya klien kantor tersebut sudah percaya bahwa ada atau tidak adanya pemberian mereka akan dilayani dengan standar pelayanan yang sama. Jika ada parsel biasanya nilainya kecil dan berasal dari uang kebersamaan di mana pegawai yang berkedudukan lebih tinggi akan dipotong uang kebersamaan lebih besar tetapi parsel yang diterima sama. Intinya ada pengorbanan yang lebih besar dari pegawai yang berpenghasilan lebih besar. Tercipta rasa keadilan.

Instansi yang korup:

Banyak parsel berseliweran di kantor atau rumah pegawainya. Di dalam ruangan kantor juga tersedia makanan kecil yang berlimpah. Ini karena umumnya klien ketakutan pelayanan akan terhambat jika tidak ada pemberian. Terjadi anomali bawahan justru memberikan parsel kepada atasan layaknya upeti. Biasanya nilai parsel signifikan. Asal muasal dana untuk pengadaan parsel tidak jelas.

10. Hubungan antar pegawai.

Instansi yang bersih:

Hubungan antar pegawai harmonis karena tidak ada perasaan sebagai karyawan elit atau karyawan berpenghasilan lebih tinggi. Tidak ada pegawai yang berfungsi sebagai bos. Sangat jarang terjadi perselingkuhan antar pegawai.

Instansi yang korup:

Sering terjadi hubungan yang panas antar pegawai akibat rasa iri dan dengki antar mereka. Penyebabnya adalah adanya perbedaan penghasilan antar pegawai yang berpangkat sama. Selalu ada pegawai yang bersikap dan berfungsi layaknya bos dan tukang traktir karena banyak mendapat penghasilan ilegal. Banyak terjadi perselingkuhan antar pegawai. Uang panas akan membuat pemiliknya suka bermain api.

Itu adalah 10 tips yang dengan kasat mata bisa dilihat oleh orang dalam maupun luar untuk menilai kondisi suatu instansi. Sebenarnya ada juga ciri lain yang lebih spesifik. Tetapi ini umumnya hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang terlibat. Seperti mark up harga barang di kuitansi seperti pernah diungkapkan oleh salah seorang perempuan yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil yang mengaku pernah melakukannya di sebuah media.

Tetapi saya pikir cukup dengan 10 tips itu saja Anda akan dengan mudah menilai bahwa sebuah instansi itu bersih dari praktek KKN atau tidak. Cukup salah satunya terdapat di sebuah instansi, maka Anda sudah boleh meragukan integritas instansi yang bersangkutan.

Tetap kecenderungan yang ada adalah apabila satu indikasi ada, maka indikasi-indikasi yang lain akan mengikutinya.

Wallahu alam bishawab

Blog saya:wonosobokemekelen


TAGS ciri instansi korup


Comment
  • patung pahat 5 years ago

    makasi atas informasinya gan,,

  • furniture-jati 5 years ago

    arikel yang sangat bagus sekali,,
    salam kenal,,

  • Nuril Hakim 6 years ago

    Ya Mas…setuju banget.
    di daerah pelosok saya kalimantan juga sudah mulai parah ni!!!!huft

  • Nuril Hakim 6 years ago

    Setuju Banget Mas…
    Jangankan di kota-kota besar di daerah pelosok saya kalimantan pun lo itusudah menjamur.huft

  • bebekerz 6 years ago

    ijin kopas

  • lowongan kerja 6 years ago

    sangat setuju bos……

  • Pengamat 6 years ago

    Salam kenal Mas.. Terus suarakan kebenaran! Mudah2an senantiasa dilindungi dan dirahmati Allah SWT

  • widayatwsb 6 years ago

    Walaupun tidak semuanya tapi harus diakui sebagian besar masih seperti itu.
    Terima kasih. Salam kenal …

  • cetak brosur 6 years ago

    wehehehe… ini tips bisa digunakan untuk mengajukan penawaran cetak… Semoga dapat instansi yang bersih..

  • mirwanda 6 years ago

    pantesan aku jarang ditraktir… :D :D :D

  • yulia 6 years ago

    susah

  • yulia 6 years ago

    rumit

  • yulia 6 years ago

    goog

  • yulia 6 years ago

    good

  • NURDIN ALI 6 years ago

    Hampir semua Kantor Pemerintah ada 10 Ciri tersebut, Pungli, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

  • abah 6 years ago

    Terkait wartawan, justru instansi yg korup gemar memelihara wartawan. Biasanya wartawan dimanjakan dengan diberi ruang khusus, dg fasilitas lengkap mulai dr pc, internet, bahkan ada jatah makan siang dan karaoke segala. Instansi korup suka merawat wartawan karena dengan demikian bisa mengatur dan mengarahkan pemberitaan. Wartawan juga suka ngepos di instansi korup sebab selain dapat “berita jadi” juga suka diajak jalan-jalan, mendapat uang saku, dan kalau lebaran dapat THR. Ada juga instansi korup yang rutin memberikan hadiah jalan-jalan ke luar negeri atau memberikan fasilitas berangkat umroh gratis. Kenapa instansi korup sudi menyediakan tempat dan dana melimpah buat wartawan? Karena dengan cara itu diharapkan bisa “membeli dan mengatur” wartawan. Sayangnya, instansi korup sering kecele. Dikiranya dengan menyediakan semua itu wartawan bisa diatur. Wartawan, meski banyak yang mau menerima uang tetap saja tidak bisa diatur dan diarahkan..he..he…

  • Omiyan 6 years ago

    satu lagi kalau boleh nambah …

    Tidak ada uang mingguan atau setoran tiap minggu kepada atasan atau yang dibagi-bagikan ke anak buah …

  • andi tenrie 6 years ago

    Yang beginian atau ciri pemerintahan korup sudah terjadi sejak ORBA atau Bapak Soeharto memerintah, jadi yang ada/terjadi sekarang ini adalah kelanjutan alias warisan atau budaya dari zaman ORBA! Cuma sekarang atau dipemerintah yang sedang berjalan sekarang semua terbuka dengan benderang artinya media cetak dan televisi panen berita! Zaman Pak Harto semua ketutup dan haram ditulis oleh wartawan berani beberkan dikoran atau tv berarti bersedia bunuhdiri atau ikhlas koran/tvnya diberedel/ditutup!!!

  • meee 6 years ago

    nice info…

  • ade 6 years ago

    good

  • aman75 6 years ago

    Sederhana, meski tidak sepenuhnya benar, tapi tidak menyederhanakan… :)

  • kang busono satria wirang 6 years ago

    point 8 ulasannya ditambah: lari terbirit-birit lewat pintu belakang sambil menjerit-jerit dalam hati

  • Raytheon Luncheron 6 years ago

    PNS itu amatlahburuk citranya. Gaji dari rakyat, tapi suka minta uang sama rakyat… Kerja sedikit, banyak mintanya.. Hrsnya gampang memecat PNS.. Jaman sudah kompetitif. Kalau Indo terus begini tidak akan maju

  • Thomas Sudarmaji SE 6 years ago

    Datanglah ke kantor pemerintahan, dan amati seharian. Sebagian besar mereka masuk siang. Jam 11an sudah istirahat. Jam 3 siang sudah pulang… Hotline telpon jarang sekali diangkat.. Di kantor pakai sendal jepit, merokok, berlagak seperti preman.. Banyak yg suka Sholat dan pakai Jilbab. Tapi kelakuannya memalukan agamanya.. PNS di mata rakyat sangatlah rendah moralnya

  • Desmond Chan 6 years ago

    Bea Cukai, Pajak, Kehakiman, Pertanahan, Pekerjaan Umum, Agama… diurut dari yang paling korup ke tidak korup

  • maman 6 years ago

    Mantaps ah..mau ijin share di facebook ya..mau diijinin mau engga juga da tanggung mau he he he

  • D10 6 years ago

    Sangat dalam sekali point2nya ! Muantap puol !

  • technews free 6 years ago

    hahaha.. semuanya INDONESIA banget nich…
    begitulah birokrasi negara kita ini

  • Gesit 6 years ago

    Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip…. gue share ya….

  • azhri 6 years ago

    Sewaktu Demo Reformasi 1998 banyak rekan-rekan yang berlinang air mata mendengar orasi anti KKN, karena KKN lah sumber penderitaan di Negeri Ini. Waktu itu saya berpikir generasi pasca reformasi 1998 tidak ada lagi bermental KKN, tapi nyatanya sekarang KKN banyak marajalela justru dari generasi pasca reformasi.

  • ariomaharianotofan 6 years ago

    tiap orang tanpa terkecuali masing-masing sudah pasti sering melakukan korupsi tanpa disadari, yakni korupsi hati, pikiran, jiwa, dan raga, selain korupsi waktu dan uang..

  • Anak Indonesia 6 years ago

    memang sebagian besar benar….
    sesuai dengan fakta..

  • uti 6 years ago

    Informatif dan menarik :) …. Bukannya mo negatif dan ngeluh2 terus nih, tapi kalo diliat dari indikasi2 tsb, kayanya ampir semua instansi pemerintah korup deh :P yang ada mungkin istilahnya “sedikit” korup bukan “bersih”. at least ini yg saya alamin selama berinteraksi dgn instansi2 pemerintah selama ini. Paling nggak ada 2-3 indikasi terpenuhi.

  • lestaritania 6 years ago

    aha!
    saya setuju bgt dengan bagian tenaga honorer. enak bgt kerja mereka..malah byk yg bisa pelesir ke berbagai tempat padahal hanya pegawai honorer. belum lagi ongkos2 tambahannya lumayan..ckckck

  • tatoksrihendarto 6 years ago

    Mudah-mudahan tulisan ini bisa terbaca oleh semua lapisan masyarakat sehingga pengawasan terhadap instansi pemerintah yang KORUP dapat terdeteksi sejak dini

  • ahmad yusuf 6 years ago

    hmmm, cukup menarik bahasannya. Kayaknya perlu dibaca para pejabat Instansi, apalagi yang banyak melakukan tindak korupsi… hahaha

  • Bayu RA 6 years ago

    Wah, ciri-cirinya udah kayak mirip2 kantor Kelurahan dan Kecamatan di Indonesia.

  • fatyani 6 years ago

    Subhanalloh betul banget tuh,,,,,,

  • andrianto isnurrahman 6 years ago

    udah dong, jangan hina pemerintah terus. kasihan pak sby, kita jg belum tentu bs melakukan halyg lebih baik jika kita sendiri di instansi pemerintah
    kasihan pemerintah cuma di kasih berita jelek - jelek terus, tapi yang baik gag pernah di sebutin karena memang gag dipublikasikan
    contoh: tahun 2009 Indonesia kekurangan pangan, apa solusinya? dinas pertanian jawa timur menymbang beras terbanyak dan menghilangkan indonesia dari kelaparan
    gag tau kn? beritanya gag bertahan lama soalnya

  • budiarto 6 years ago

    sekertaris sangat terbatas,absen tidak menjadi keharusan yang mutlak …karena dia bekerja berdasarkan uraian kerja yang jelas,,volume pekerjaa banyak

  • tom 6 years ago

    bagus juga tulisannya, saya rasa banyak benarnya………

  • karnitiya 6 years ago

    setuju pak

  • azlan kadir 6 years ago

    salam kenal dan sukses selalu mas :)

  • @welovebandung 6 years ago

    Analisa diaatas bener bangett! Tapi yakin hidup mereka tidak sebahagia orang2 yang hidupnya ikhlas….

-

Author

Follow Me