Menilai 6 Cagub-Cawagub DKI …

29 Mar 2012

Kurang lebih tiga bulan lagi enam pasangan cagub-cawagub akan terlibat persaingan sengit dalam pemilihan Gubernur paling seru dalam sejarah pilgub DKI Jakarta, bahkan dalam sejarah pilgub se-Indonesia.

Diprediksi ini akan menjadi pilkada yang paling meriah karena rakyat mendapat pilihan yang sangat bervariasi. Dari forum-forum online banyak yang menyatakan bahwa mereka akan turut memilih setelah pada pilkada sebelumnya menjadi golput. Menurut mereka pilgub kali ini sungguh sangat menggirahkan.

Untuk memeriahkan suasana saya mencoba membuat penilaian terhadap enam pasangan tersebut dalam lima kriteria, yaitu reputasi, pengalaman, penampilan, popularitas dan dukungan pasangan. Penilaian diambil berdasarkan kecenderungan/perkembangan pemberitaan di media masa.

Berikut adalah skor yang mereka peroleh dalam skala 1 sampai 4 (1 = buruk, 2 = cukup, 3 = baik dan 4 = istimewa. Urutan berdasarkan abjad ) :

1.Alex Noordin Nono Sampono

a. Reputasi : (4)

Dipandang berhasil memajukan Sumatera Selatan. Program pendidikan gratis 12 tahun yang diterapkan di propinsi itu akan dijadikan model untuk penerapan secara nasional.

b. Pengalaman : (3)

Menjadi Gubernur yang berhasil memajukan Sumatera Selatan menjadi bukti bahwa Alex Nurdin memang memiliki kemampuan memimpin dan memajukan sebuah daerah.

c. Penampilan : (2)

Penampilan Alex Nurdin yang sangat tipikal pejabat justru bisa menjadi titik lemah karena rakyat sedang tidak menyukai semua yang berbau pejabat dan politikus.

d. Popularitas : (3)

Namanya cukup dikenal. Terutama dengan kesuksesannya menggelar even SEA Games 2011 dan membenahi Sungai Musi.

e. Dukungan pasangan : (3)

Karier militernya yang bervariasi membuat Nono Sampono mempunyai kemampuan koordinasi yang bisa membantu Alex Noordin mengelola Jakarta.

Total Skor = (15)

2. Faisal Basri - Biem Benyamin

a. Reputasi : (2)

Belum memiliki prestasi dalam mengelola sebuah daerah. Yang sedikit mengangkat namanya adalah penentangannya yang konsisten terhadap korupsi.

b. Pengalaman : (1)

Pengalamannya selama menjabat di KPPU dan sebagai dosen dipandang belum cukup untuk langsung terjun sebagai gubernur.

c. Penampilan : (3)

Penampilannya yang low profile diharapkan dapat menarik simpati pemilih.

d. Popularitas : (3)

Cukup dikenal sebagai salah seorang yang konsisten menentang korupsi.

e. Dukungan pasangan : (2)

Nama besar Benyamin di belakang nama Biem diharapkan dapat menarik pemilih.

Total Skor = (11)

3. Fauzi Bowo -Nachrowi Ramli

a. Reputasi : (1)

Lihat saja keadaan ibukota tercinta saat ini.

b. Pengalaman : (4)

Sebagai incumbent harus diakui bahwa Foke adalah orang yang paling berpengalaman dengan permasalahan Jakarta. Tetapi nampaknya itu tidak menjadikan dia bisa membawa Jakarta ke arah yang lebih baik. Terbukti tidak ada karya monumental yang dihasilkan. Tidak seperti Sutiyoso, pendahulunya yang mampu membuat busway, pemagaran Monas, memperluas lahan terbuka hijau/taman dan pelebaran trotoar di Thamrin dan Sudirman.

c. Penampilan : (2)

Membosankan.

d. Popularitas : (4)

Menjabat wakil gubernur kemudian menjadi Gubernur DKI membuat namanya sangat dikenal warga DKI.

e. Dukungan pasangan : (2)

Kurang mendukung. Namanya baru terdengar setelah menjadi calon wakil gubernur Jakarta.

Total Skor = (13)

4.Hendardji Supandji Ahmad Riza Patria

a. Reputasi : (1)

Tidak pernah punya prestasi yang dapat dibanggakan.

b. Pengalaman : (1)

Belum ada pengalaman yang dapat dijadikan modal untuk mengelola Jakarta.

c. Penampilan : (1)

Kurang meyakinkan.

d. Popularitas : (1)

Bahkan orang-orang sering salah sebut namanya. Dia sering dikira mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

e. Dukungan pasangan : (1)

Nyaris tak terdengar.

Total Skor = (5)

5. Hidayat Nurwahid - Didik J. Rachbini

a. Reputasi : (2)

Hanya dikenal sebagai tokoh bersih, bukan sebagai tokoh yang punya kapabilitas menyelesaikan masalah sebesar macet, banjir, kriminalitas dan kesenjangan sosial di Jakarta.

b. Pengalaman : (2)

Pernah memimpin sebuah lembaga tinggi yang nyaris mirip sekumpulan pengangguran karena kurang terdengar fungsinya, yaitu MPR. Jadi tidak bisa menjadi tolok ukur untuk menilai kemampuannya menjadi manajer sebuah propinsi paling rumit se-Indonesia.

c. Penampilan : (3)

Penampilannya yang kalem diharapkan dapat mengundang simpati pemilih.

d. Popularitas : (3)

Pernah memimpin MPR dan menjadi Presiden sebuah partai menengah membuatnya cukup dikenal publik.

e. Dukungan pasangan : (4)

Dari semua calon, pasangan inilah yang popularitas cagub dan cawagub-nya nyaris seimbang. Nama Didik J. Rachbini menjadi daya tarik tersendiri dari pasangan ini.

Total Skor = (14)

6. Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama

a. Reputasi : (4)

Tidak perlu dipertanyakan lagi. Media sudah terlalu banyak memuatnya. Pemilih yang berpandangan netral akan cenderung memilih pasangan ini.

b. Pengalaman : (3)

Pengalamannya membawa kota Solo ke arah yang lebih baik akan diterapkan di Jakarta. Terutama masalah penanganan PKL dan perlindungan terhadap pasar tradisional. Masih perlu dibuktikan dalam mengatasi masalah banjir dan kemacetan.

c. Penampilan : (3)

Penampilannya yang low profil dan sangat bersahaja menjadi daya tarik tersendiri di saat pemilih merindukan pemimpin yang merakyat.

d. Popularitas : (4)

Berdua dengan Dahlan Iskan, Joko Widodo adalah newsmaker Indonesia dalam hal-hal yang bersifat positif. Esemka, relokasi PKL damai, penentangannya terhadap upaya gubernur Jateng Bibit Waluyo untuk mendirikan mall baru di kota Solo adalah beberapa bukti nyata.

e. Dukungan pasangan : (3)

Berhasil memajukan Kabupaten Belitung Timur dan terbukti anti korupsi membuatnya namanya cukup menarik pemilih. Sayang keberhasilannya kurang mendapat ekspose dari media. Itu membuat namanya kurang populer.

Total Skor = (17)

Jika tidak ada faktor X, maka berdasarkan skoring di atas diperkirakan pasangan Alex Noordin - Nono Sampono akan bertemu Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama di putaran kedua. Tidak tertutup kemungkinan salah satu di antara kedua pasangan ini akan menang dalam satu putaran saja.

Bagaimana menurut Anda ?


TAGS


-

Author

Follow Me