Menilai 6 Cagub-Cawagub DKI …

29 Mar 2012

Kurang lebih tiga bulan lagi enam pasangan cagub-cawagub akan terlibat persaingan sengit dalam pemilihan Gubernur paling seru dalam sejarah pilgub DKI Jakarta, bahkan dalam sejarah pilgub se-Indonesia.

Diprediksi ini akan menjadi pilkada yang paling meriah karena rakyat mendapat pilihan yang sangat bervariasi. Dari forum-forum online banyak yang menyatakan bahwa mereka akan turut memilih setelah pada pilkada sebelumnya menjadi golput. Menurut mereka pilgub kali ini sungguh sangat menggirahkan.

Untuk memeriahkan suasana saya mencoba membuat penilaian terhadap enam pasangan tersebut dalam lima kriteria, yaitu reputasi, pengalaman, penampilan, popularitas dan dukungan pasangan. Penilaian diambil berdasarkan kecenderungan/perkembangan pemberitaan di media masa.

Berikut adalah skor yang mereka peroleh dalam skala 1 sampai 4 (1 = buruk, 2 = cukup, 3 = baik dan 4 = istimewa. Urutan berdasarkan abjad ) :

1.Alex Noordin Nono Sampono

a. Reputasi : (4)

Dipandang berhasil memajukan Sumatera Selatan. Program pendidikan gratis 12 tahun yang diterapkan di propinsi itu akan dijadikan model untuk penerapan secara nasional.

b. Pengalaman : (3)

Menjadi Gubernur yang berhasil memajukan Sumatera Selatan menjadi bukti bahwa Alex Nurdin memang memiliki kemampuan memimpin dan memajukan sebuah daerah.

c. Penampilan : (2)

Penampilan Alex Nurdin yang sangat tipikal pejabat justru bisa menjadi titik lemah karena rakyat sedang tidak menyukai semua yang berbau pejabat dan politikus.

d. Popularitas : (3)

Namanya cukup dikenal. Terutama dengan kesuksesannya menggelar even SEA Games 2011 dan membenahi Sungai Musi.

e. Dukungan pasangan : (3)

Karier militernya yang bervariasi membuat Nono Sampono mempunyai kemampuan koordinasi yang bisa membantu Alex Noordin mengelola Jakarta.

Total Skor = (15)

2. Faisal Basri - Biem Benyamin

a. Reputasi : (2)

Belum memiliki prestasi dalam mengelola sebuah daerah. Yang sedikit mengangkat namanya adalah penentangannya yang konsisten terhadap korupsi.

b. Pengalaman : (1)

Pengalamannya selama menjabat di KPPU dan sebagai dosen dipandang belum cukup untuk langsung terjun sebagai gubernur.

c. Penampilan : (3)

Penampilannya yang low profile diharapkan dapat menarik simpati pemilih.

d. Popularitas : (3)

Cukup dikenal sebagai salah seorang yang konsisten menentang korupsi.

e. Dukungan pasangan : (2)

Nama besar Benyamin di belakang nama Biem diharapkan dapat menarik pemilih.

Total Skor = (11)

3. Fauzi Bowo -Nachrowi Ramli

a. Reputasi : (1)

Lihat saja keadaan ibukota tercinta saat ini.

b. Pengalaman : (4)

Sebagai incumbent harus diakui bahwa Foke adalah orang yang paling berpengalaman dengan permasalahan Jakarta. Tetapi nampaknya itu tidak menjadikan dia bisa membawa Jakarta ke arah yang lebih baik. Terbukti tidak ada karya monumental yang dihasilkan. Tidak seperti Sutiyoso, pendahulunya yang mampu membuat busway, pemagaran Monas, memperluas lahan terbuka hijau/taman dan pelebaran trotoar di Thamrin dan Sudirman.

c. Penampilan : (2)

Membosankan.

d. Popularitas : (4)

Menjabat wakil gubernur kemudian menjadi Gubernur DKI membuat namanya sangat dikenal warga DKI.

e. Dukungan pasangan : (2)

Kurang mendukung. Namanya baru terdengar setelah menjadi calon wakil gubernur Jakarta.

Total Skor = (13)

4.Hendardji Supandji Ahmad Riza Patria

a. Reputasi : (1)

Tidak pernah punya prestasi yang dapat dibanggakan.

b. Pengalaman : (1)

Belum ada pengalaman yang dapat dijadikan modal untuk mengelola Jakarta.

c. Penampilan : (1)

Kurang meyakinkan.

d. Popularitas : (1)

Bahkan orang-orang sering salah sebut namanya. Dia sering dikira mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

e. Dukungan pasangan : (1)

Nyaris tak terdengar.

Total Skor = (5)

5. Hidayat Nurwahid - Didik J. Rachbini

a. Reputasi : (2)

Hanya dikenal sebagai tokoh bersih, bukan sebagai tokoh yang punya kapabilitas menyelesaikan masalah sebesar macet, banjir, kriminalitas dan kesenjangan sosial di Jakarta.

b. Pengalaman : (2)

Pernah memimpin sebuah lembaga tinggi yang nyaris mirip sekumpulan pengangguran karena kurang terdengar fungsinya, yaitu MPR. Jadi tidak bisa menjadi tolok ukur untuk menilai kemampuannya menjadi manajer sebuah propinsi paling rumit se-Indonesia.

c. Penampilan : (3)

Penampilannya yang kalem diharapkan dapat mengundang simpati pemilih.

d. Popularitas : (3)

Pernah memimpin MPR dan menjadi Presiden sebuah partai menengah membuatnya cukup dikenal publik.

e. Dukungan pasangan : (4)

Dari semua calon, pasangan inilah yang popularitas cagub dan cawagub-nya nyaris seimbang. Nama Didik J. Rachbini menjadi daya tarik tersendiri dari pasangan ini.

Total Skor = (14)

6. Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama

a. Reputasi : (4)

Tidak perlu dipertanyakan lagi. Media sudah terlalu banyak memuatnya. Pemilih yang berpandangan netral akan cenderung memilih pasangan ini.

b. Pengalaman : (3)

Pengalamannya membawa kota Solo ke arah yang lebih baik akan diterapkan di Jakarta. Terutama masalah penanganan PKL dan perlindungan terhadap pasar tradisional. Masih perlu dibuktikan dalam mengatasi masalah banjir dan kemacetan.

c. Penampilan : (3)

Penampilannya yang low profil dan sangat bersahaja menjadi daya tarik tersendiri di saat pemilih merindukan pemimpin yang merakyat.

d. Popularitas : (4)

Berdua dengan Dahlan Iskan, Joko Widodo adalah newsmaker Indonesia dalam hal-hal yang bersifat positif. Esemka, relokasi PKL damai, penentangannya terhadap upaya gubernur Jateng Bibit Waluyo untuk mendirikan mall baru di kota Solo adalah beberapa bukti nyata.

e. Dukungan pasangan : (3)

Berhasil memajukan Kabupaten Belitung Timur dan terbukti anti korupsi membuatnya namanya cukup menarik pemilih. Sayang keberhasilannya kurang mendapat ekspose dari media. Itu membuat namanya kurang populer.

Total Skor = (17)

Jika tidak ada faktor X, maka berdasarkan skoring di atas diperkirakan pasangan Alex Noordin - Nono Sampono akan bertemu Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama di putaran kedua. Tidak tertutup kemungkinan salah satu di antara kedua pasangan ini akan menang dalam satu putaran saja.

Bagaimana menurut Anda ?


TAGS


Comment
  • Ira Vion 5 years ago

    Orang Yg NETRAL & Cerdas Dalam memilih sudah pasti memilih Jokowi-Ahaok,…

  • Ira Vion 5 years ago

    Jokowi Pemimpin Yg Begitu dekat Dengan Rakyat, Ber intregitas, punya visi & misi + begitu sederhana….

    waktu Gubernur Jawa tengah ingin memugar Bekas Pabrik es Saripetojo dan menjadikan nya ‘Mall plasa.. langsung ditentang Jokowi karena itu cagar budaya / peninggalan sejarah.. Gubernur jawa tengah berang / marah lantas mengucapkan kata2 bodoh & kotor pada Jokowi, jokowi hanya diam tidak membalas kata2 tak pantas pada gubenrnur jateng tsb…

    Jokowi bisa mengusai diri & sangat sabar, tidak pernah nyindir atau menjelek2 kan pejabat lain,.. dia juga tak pernah mengambil gaji waktu menjabat walikota solo…

  • gatfan 5 years ago

    meraih penilaian walikota sedunia………DKI-1

  • kipli 5 years ago

    masih ragu ya gan….masuk dimari….
    apa calon yg laen msk jg….???? ga mungkin bs nyaingi Jokowi….
    h**p://w**.solopos.c*m/2012/solo/world-mayor-prize-2012-jokowi-nominasi-walikota-terbaik-dunia-175218

  • sugeng 5 years ago

    Untuk joko wi dan alex nurdin, ini adalah contoh figur yang tidak amanah, karena ditengan jabatan amanah yang masih diemban, mereka sudah meninggalkan daerahnya masing2, ini adalah cermin manusia yang ambisius, klo mau maju sebaiknya mereka minta ijin kepada rakyatnya untuk mundur menjadi pemimpin didaerahnya masing2, setelah mundur baru deh maju sebagai Cagub Jakarta….

  • Suyitno 5 years ago

    selain Hidayat Nur wahid-Didik J. Rachbini, yang lainnya bermasalah…Jokowi belum rampung jadi bupati Solo Sdh ninggalin FAuzi B tdk ada perubahan….yang lainnya tahu sendiri lah Trac Recordnya…makanya warga Jakarta Jangan salah Pilih…Pilih Hidayat-Didik….

  • Beenero Indonesia 5 years ago

    siapa pun gubernurnya…kalau masih dikangkangi sama “pemegang duit” tetap susah…:-)

  • Akmal 5 years ago

    Pilih Cagub dan Cawagub yang taat ma Allah dan amanah serta partainya bersih dan santun….bagaimana dia mo mimpin Jakarta kalo dia aja sedang menjalankan amanah sebagai pemimpin didaerahnya Solo ma Sumsel Urus aja dulu dan selesaikan jabatan baru calonin di Jakarte bang…..Doakan pemipin Jakarta adalah yg soleh, taat ma Allah dan amanah

  • siti 5 years ago

    Bagaimana Jokowi dan Alex Nurdin mo Memimpin Jakarta dia aja masih menjabat terkesan Maruk kekuasaan…Hanya Hidayat Nurwahid - Didik J Rachbini yang bisa benahin Jakarta….

  • Agung 5 years ago

    kita bisa melihat, terpilih juga belum, sudah menampakkan ketidak pantasannya sebagai seorang pemimpin, saling menghina satu sama lain, Ya Allah selamatkan Jakarta dari tangan - tangan jahil

  • wawan 5 years ago

    Pemimpin masa yang akan datang, merupakan gambaran moral mayoritas masyarakt Jakarta.

  • Ordinary Man 5 years ago

    Kalo gw sih yang pasti bukan yang sekarang nongkrong di gedung pemda. Udah ketauan kualitasnya abal2…

  • awihanggono 5 years ago

    smg sj sistem yg akan dibangun oleh jokowi benar2 terwujud shg masalah berkenaan dgn kesehatan, pendidikan, dan birokrasi dpt dikendalikan dgn baik dan hasilnya benar2 dpt dirasakan kalayak, terutama pd orang kecil daripada membagi2 uang yg tdk jelas tujuan arah pembelanjaannya.
    Saran utk Jokowi: bila terpilih mjd DKI-1, sekali2 anda harus mencoba menjadi intel utk kontroling di lapangan bukan saja di tempat fasilitas umum, tp mungkin juga di jajaran instasi pemerintahan, sebab jika anda melakukan kunjungan resmi, maka tujuan anda sidak akan sia2, biasanya sgl sesuatunya sdh dipersiapkan bahkan penuh rekayasa, shg tdk terlihat nyata atau apa adanya. bawalah perlengkapan elektronik, spt, kamera tersembunyi…… ha….ha….ha…. kok jd ngelantur nih…. ya smg sj anda dpt menangkap pesan sy. tks.

  • awihanggono 5 years ago

    sy tdk peduli asal dari partai mana, yg penting dpt menunjukkan program nyata dan niat yg tulus, tidak memberatkan rakyat kecil, tidak menambah beban hidup, shg mereka dpt menikmati kehidupan yg nyaman dan damai.

  • Aleo 5 years ago

    Mau jkt berubah.plilh jokowi-Ahok.

  • herdi 5 years ago

    Yah.. pembaca bisa menilailah nanti janji2 para calon Gubernur DKI.. Jakarta adalah kota besar meupakan madu para lebah atau tempat pencari kerja dari Sabag sampai Merauke.. para Kepala Daerah yg masih menjabat apakah berhasil mangatasi pengangguran di wilayahnya, membuat warganya gak lari ke Jakarta utk bekerja… akhirnya Jakarta banyak pemukman kumuh .. ya karena para Kepala Daerahnya gak pada berhasilkan membuat lapangan kerja di Daerahnya?????

  • superpuma72 5 years ago

    Semua ngga ada yg masuk hitungan….ada yg namanya dikenal,tapi dikenal dikampungnya Contoh alex di palembang dan jokowi disolo.Ini jakarta 1oo1 macam masalah ada.tdk seperti didaerah tsb diatas. Di jakarta seorang Gub DKI…hrs bertangan besi,bertangan karet,bertangan Emas .bertangan dingin , Berani(Menghadapi Permerintah Pusat)Presiden sekalipun)contoh Bang ali sadikin.bertindak tegas (main pecat terhadap staf/bawahannya yg salah dan tdk becus kerja/malas)dan Tdk Berafiliasi kpd salah satu parpol apapun.Saya lihat dari ke enam calon diatas tdk ada yg masuk Nominasi.saya tahu krn saya tinggal dijkt+/- 64 th.

  • boni 5 years ago

    jokowi sang putra fajar

  • Nusantara 5 years ago

    Mari kita persiapkan untuk masa depan Indonesia dipimpin Dahlan Iskan dan Jokowi. Kalau Jokowi jadi Gub DKI, sayang juga, krna nanti baru 1-2 tahun harus tinggalkan DKI menuju Wapres, dengan Presidennya Dahlan Iskan.

  • Wong Cilik 5 years ago

    Kalo dari prestasi di daerah sich memang Joko-Ahok paling menonjol, tapi apakah mereka bisa menangani Jakarta? Semoga mereka bisa sukses seperti di daerah, bahkan lebih. Good Luck buat Joko-Ahok

  • farid 5 years ago

    Nggak pintar ngomong Gak apa-apa… Yg penting pintar dan tangkas bekerja… HIDUP Jokowi AHOK

  • MeAnd Simon 5 years ago

    Kl penampilan Jowi-Ahok saat debat kurang memuaskan (kurang tangkas menjawab) saya pikir nggak papa dong Yg penting tangkas bekerja drpd tangkas bersilat lidah alias jago ngomong tapi kerjanya bodong.Kasian bgt deh pemilih yg menilai cuma dr pinter ngomongnya aja.Pantesan selama ini gubernur kerjanya ga beres,abis pemilihnya cinta pemimpin yg jago omong doang!

  • ORANG JAKARTA 5 years ago

    ASS. WR. WB. KALO MEMBACA STATEMENT DIATAS, ITU SIH CUMA MENGANGKAT DAN MENJATUHKAN ORANG. KNAPA TIDAK DIANALISA JUGA KEKURANGAN 3 ORANG PENDATANG YG MAU MASUK JAKARTA DISAAT MEREKA BERTUGAS DIDAERAHNYA. JD STATEMENT DIATAS TIDAK BISA UTK DIBUAT ACUAN UTK MENGUSUNG CAGUB&CAWAGUB. POKOKNYA SEBAGAI MASY JAKARTA YG ASLI, PILIHLAH YG BISA MENGUBAH JAKARTA MENJADI LEBIH BAIK, BUKAN DI BACA DARI JANJI2NYA YG BISA AJA GA DITEPATI (NAMANYA JG JANJI). GO DKI 1 KAMI BERDOA DKI JKT MENDAPATKAN KEPALA DAERAH YG LEBIH BAIK DARI YG KEMARIN. WASS. WR WB.

  • neopujangga 5 years ago

    Misi berkunjung..
    hahaha… semoga yang terbaik yg terpilih.
    ?———————**************———————–?
    Visit too My Blog

  • tifatul 5 years ago

    Jokowi AMA ahok ta doakan presiden Dan wapres 2019.
    Tolong dibantu rakyat yang bodoh bodoh ini. Ahok jangan buat malu !jangan ngomong doang gede
    Rakyat perlu bukti bukan ngomong doang
    Hidup indonesia

  • joe 5 years ago

    bosan aku liat pemimpin yg sekarang…..mudah2an joko-ahok bisa menang dan membuat perubahan buat jakarta yang tercinta

  • hendrawan 5 years ago

    Wong Solo gak rela Jokowi meninggalkan Solo, lha wong permasalahan disini masih banyak yang harus diselesaikan, kok malah meninggalkan tugas (amanat rakyat 5 tahun)…. ora peduli sopo sing dadi ning Jakarta, setidaknya selesaikan dulu tugas di SOlo baru ikut di daerah mana, silakan saja pak Jokowi….. pokokke ora LILO… masih banyak yang harus diselesaikan di Solo pak Jokowi……

  • santi 5 years ago

    nama saya sudah terdaftar di kpud dki..saya akan pilih Hidayatdidik,selain moralitas pasangan yg tinggi mereka berdua orang2 yang cedas dan sdh teruji kemempinan dan kepribadianya, dan selain mereka sanggup memperbaiki insfrastruktur yg tdk kalah penting juga mereka dapat membangun moralitas warga jakarta..

  • wahyu 5 years ago

    jokowi kalau mencalonkan dari independent mungkin masuk nominasi saya tp saya tdk suka partai pendukungnya..kasar permainanya,banyak koruptornya ,ya di solo dan jawa tengah bisa menang memang basisnya moncong putih,tapi di jakarta sudah sedikit peminatnya..jd ga masuk nominasi saya.,selain kredibilitas calon partai pendukung juga masuk kriteria dalam saya memilih calon,jadi jokowi tdk masuk nominasi saya..

  • fifi 5 years ago

    dulu jakarta adalah jayakarta..yang di rebut oleh ulama pejuang yaitu fathahilah dari tangan penjajah..dan saya yakin Hidayat - didik seorang ulama cendikiawan yg negarawan dan didik yg ekonom profesional religius dapat kembali mengulang kejayaan jayakarta..

  • andi 5 years ago

    penilaian ini saya lihat seperti tim sukses yang mendukung jagoanya..,tidak berimbang ,tidak subtantif,diskriminatif..terlihat dimana ada penilaian yang menjatuhkan pasangan yang tidak di dukungnya..,dan mengedepankan keberhasilan pasangan yang di bilang berhasil di daerahnya..seakan akan hanya mereka kepala daerah yang punya program unggulan di di daerahnya,karna banyak kepala2 darah yang lebih berhasil dari mereka yang tidak latah untuk mengikuti pilkada di daerah lainnya,yang lebih bertanggung jawab akan amanah yang di percayakan pemilih nya sampai akhir masa jabatan karna masih banyak pekerjaan yang harus di seselesaikannya..wasalam

  • joko waluyo 5 years ago

    penulis di atas kentara banget pendukung alex nurdin….padahal kita ketahui bersama kalau jokowi dan alex nurdin….buta dengan kondisi jakarta…bagaimana bisa memimpin dengan berhasil kalau buta dengan sikon daerah yang di pimpin…..mendingan kita pilih calon gubernur yang….membangun jakarta dengan nurani untuk tidak menyakiti..dukung bang dayat dan bang didik….

  • SKM 5 years ago

    Akuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrr Mas Bro…..,

    3 orang Indonesia yang masih tersisa baik menurut saya hanya:Jokowi,Dahlan Iskan and Mahfud MD.Selebihnya I say No One.

  • bejo 5 years ago

    MANTEPPP GANN …POKOKNYA SHUNDULL..SHUNDUL TERUS KTA HARUS MEMPERCAYAKAN PEMERINTAHAN PADA YANG MUDA ….MASAK DAH BANGKOTAN DI PILIH..POKOKNYA YANG MUDA YANG GANTENG2 KAYAK ARTIS KOREA GTU LOEHH GAN

  • adhi 5 years ago

    mungkin ada 1 variabel yang belum disebut tap cukup menentukan. yaitu partai.
    dengan pertimbangan banyak warga jakarta yang masih miskin info tentang cagub dan juga yang tidak berniat mencari infonya,maka varibel partai patut dipertimbangkan…

    contohnya:orang miskin,pedagang,pengangguran,irt,orang tua,dll.

    bukan maksud menghina,tapi hanya ingin menjelaskan masih ada warga yang bergantung partai.semoga membantu…

  • ivan 5 years ago

    JOKOWI - AHOK menang 1 putaran…

  • ahnz 5 years ago

    jokowi - ahok no 1, hanya butuh dukuungan moral dr penduduk jakarta utk memenangkan pasangan ini..

  • rojali 5 years ago

    Memang rada subyektif penilaianx, terksn pro jokowi krn tdk disebutkn kelemahnx, padahal kelemahn jokowi-ahok sngat mendasar; SAMA-SAMA BUTA KONDISI JAKARTA. Waktu ada debat di slh stu tv nsional, ketika scr acak diberi amplop prtnyaan ttg wwsn; kebtuln jokowi dtanya ttg busway dan satu lagi sy lupo, ktika ditnya brp jmlh koridor buswy di jkt, bs ditbak gmn rautx?
    Tapi bagi saya, yg tdk berpengalman pun bisa (sbb klo dihrskn peglmn urus daerah, yg non pejbat g bisa nyalon dong?), asal ada keahlian/pengalman manajerial, ketegasan, bersih (anti korupsi), merakyat, satu lagi yg penting saleh (taat agama, sbb gmn org bs jujur thd manusia, sama Allah saja tidak)…

  • Orang Baru 5 years ago

    setiap media menyanjung,,, dan mendudukkan seseorang ke level terkenal. Tinggal bukti diri mereka yang menjawab… setia dan konsisten.

  • anti_kolonialisme 5 years ago

    Indikator kuantitatifnya absurd, apa tolok ukurnya mendapat angka 1 - 4. Ingat selain prestasi dan track record perlu di perhatikan pula kekurangannya.
    Untuk Jokowi, sebagai individu mungkin bagus tapi beliau bukan tipe sistem builder; dia tidak membangun sistem. Persoalan di Solo semua persoalan selesai jika ditangani langsung oleh Jokowi, sehingga pada akhirnya setiap aparat pemerintahan bergantung pada Jokowi dan seringkali memiliki kebijakan yang berbeda jika tanpa Jokowi.

  • Garudaku 5 years ago

    Setuju 1000% JOKOWI+AHOK FOR DKI !!! Ayo Mari kita dukung bersama buat Jakarta yang lebih baik…!

  • Sugiyo 5 years ago

    Setuju dengan tulisan diatas karena logika dan kalo diitung beneran pake statistik jokowi-ahok akan lebih tinggi lagi dan saya sudah nggak ragu pilih jokowi-ahok, saya sdh punya 5 suara dikluargaku hehehehe

  • i2sariah 5 years ago

    kayaknya berat ke Alex Nurdin

  • hehehe... 5 years ago

    hehe.. jelas sekali yg nulis pendukungnya siapa… smg yg yg kalian dukung meraih kemenangan di sekitar t4 tinggal kalian saja.. amiiinn :)

  • putra kp melayu 5 years ago

    Tdk salah lagi ,,, pak Hidayat n Didiek sangat serasi utk DKI, dan kami siap mendukung dgn suara partainya di DKI yg mayoritas pada pemilu LALU,semoga bisa ter ulangi kesuksesan itu, mdh2an,, karena terbukti perkataan = tindakan,,, Slmt utk HNW n DJR

  • AMPON AQLI 5 years ago

    KALAU DIHITUNG2, Hidayat Nurwahid dan Didiek adalah pasangan yg cocok utk memimpin Jakarta kedepan, karena keikhlasan dalam memimpin sangat mbuat nyaman warganya, lagian track recordnya beliau keduanya tdk diragukan,didukung oleh partainya yg terkenal bersih, mudah2an bisa menang… mdh2an semua persoalan akan terselesaikan..

  • Rakyat Merderka 5 years ago

    Ikuti Hati Nurani Anda utk masa depan yg lebih baik Pilih Jokowi dan Ahok, Hidup Jokowi dan Ahok, Pilih yang bersih, utk hasil yg bersih, amin, semoga Allah SWT meridohi mereka Amin….

  • bejo 5 years ago

    capek deh, hitung2an tak berdasar fakta statistik, cuman feeling penulis. window.close();

  • wargadki 5 years ago

    Jokowi - Ahok untuk Jakarta yang lebih baik

  • Asrori 5 years ago

    hitung2annya serampangan. gak jelas dari mana angka2 itu didapat. sy kira alex-nono dan pasangan jokowi cm artis dadakan yang dibuat2 media yang terbukti hanya menginginkan jabatan tnp memikirkan tanggung jwb sosial thdp jabatan yg sdang diemban saat ini. kasihan masyarakat solo dan palembang.

  • Johok 5 years ago

    Jokowi - Ahok itu “satrio piningit” yg tiba2 muncul…. Ayo kita pilih Jokowi - Ahok! Mereka original….

  • Aksesoris Komputer 5 years ago

    Saya yakin Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama menang putaran pertama. Kesuksesan masing2 didaerahnya bisa menjadi tolak ukur buat konstituennya.

  • cemix 5 years ago

    yaaah jokowi+ahok, tpi klo w ga ngantuk, ya pas milihnya klo w ngantuk mendingan w pilih tidur, dr pd nyoblos, siangnya gawe
    ga penting2 amat ko w milih, tuh jga klo da temennya w jln k tps?

  • ade 5 years ago

    Tadinya saya fans Jokowi tapi setelah lihat beberapa kali penampilannya di acara debat di tv kok kurang meyakinkan ya jawaban2nya dan hal yg sama juga terjadi pada Ahok. Bahkan di acara TV one malah Jokowi gak hadir cuma ada Ahok saja. Payah ah Jokowi jadi kurang sreg nih.

  • Lowongan kerja 5 years ago

    semoga jakarta menjadi lebih baik,siapapun pemimpinya semoga bisa amanah..

  • mike 5 years ago

    jelas dong “HNW - Didik”. Kita lihat sosok HNW yang ulama negarawan dan Prof Didik seorang profesional dan ekonom yang sangat kompeten. Jakarta mendapat berkah karena kehadiran mereka.

  • hatinurani 5 years ago

    saya setuju bgt dengan pendapat ini, pemilih yang berpikiran cerdas dan netral akan memilih Jokowi - Ahok. Setidaknya kedua orang ini harus diberi kesempatan memperbaiki Jakarta berdasarkan prestasi kerja yang telah mereka tunjukkan selama menjadi kepala daerah ditempat masing2

  • Lase 5 years ago

    Calon DKI1 : yang merakyat dan mengerti apa sebenarnya kebutuhan rakyat serta berprinsip Bhineka Tunggal Ika,karna Jkt pusatnya rakyat Indonesia berarti milik bersama. Maju trus Pak Joko-Ahok

  • Lase 5 years ago

    Yang merakyat dan mengerti apa sebenarnya yang dibutuhkan rakyat serta berprinsip Bhineka Tunggal Ika, krn Jkrt pusatnya Rakyat indonesia milik bersama. Iya toh…
    Joko-Ahok calonnya….

  • orang biasa 5 years ago

    betrul, secara objektif, pasangan jokowi ahok memang pilihan yang terbaik. apalagi jika pasangan faisal biem ndak diloloskan KPUD, udahlah. hanya duit yang bisa menggagalkan JB

  • linda Liana 5 years ago

    Ini ngitungnya pake kancing apa statistic ya
    window.close();

  • Aryo R 5 years ago

    semoga terpilih yang betul-betul terbaik, dari rakyat, untuk rakyat..
    aamiin..

    *NB: dan muncul lebih banyak “newsmaker positif” yang konsisten.

  • arif mulyadi 5 years ago

    Secara intuisi, saya memang menduga yang keluar adalah dua pasangan ini. Dan Anda berhasil mengemasnya dengan data kuantitatif. Goodjob!

  • batu rekso 5 years ago

    baturekso.com
    semoga kalkulasinya tepat mas…
    dibutuhkan manusia setengah dewa buat mewujudkan janji2 kampanye mereka
    :D :D :D

  • Bunga 5 years ago

    pilih jokowi aahhhh

  • Ilman Nafian 5 years ago

    Cukup mudah dipahami. Namun, saya ingin menanyakan, apakah skor-skor tersebut berdasarkan hitung-hitungan atau hanya sembarang saja. Mohon penjelasannya?

  • iwan 5 years ago

    penilain ini hanya penilain subyektif yang tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk memeilih pasangan jagub DKI jakarta, saya rasa yang paling dibutuhkan DKI jakarta adalah keseriusan dari calon yang bersungguh2 untuk membawa jakarta ke arah yang lebih baik, bukan hanya mementingkan dirinya. semua itu bisa terwujud jika calon tidak melakukan KORUPSI.

  • Revi 5 years ago

    Menurut saya kriteria memilih pemimpin secara berurutan adalah sebagai berikut :
    1. Kejujuran
    2. Kepedulian
    3. Tanggung Jawab
    4. Terbuka/ Transparansi
    5. Smart/ Cerdas
    6. Mempunyai Visi yg kuat
    7. dll

  • Hadi 5 years ago

    Saya setuju sekali dg penilaian diatas, saya pikir cukup objektif jika pasangan Jokowi-Ahok yg paling bersinar dg prestasi positifnya…sayangnya Ahok kurang begitu dikenal/populer sebelumnya ini. Hanya masyarakat yg cerdas yg tdk mungkin salah dg pilihannya. Semoga Jakarta akan semakin menjadi jauh lebih baik.

    Salam

  • proyonugroho 5 years ago

    Siipp….aku dukung joko widodo

-

Author

Follow Me