Langkah Tak Bijak Pelantikan Jokowi-Ahok …

14 Oct 2012

Besok rencananya DPRD DKI akan melantik Jokowi-Ahok menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Bagus sekali ide untuk memangkas biaya pelantikan hingga separuhnya. Baik sekali karena rencananya acara ini akan menggandeng pedagang kaki lima untuk menyedikan makanan gratis. Juga kreatif karena sebagai hiburan, kesenian tradisional lokal akan dilibatkan. Ibarat permainan catur, Jokowi-Ahok telah membuat sebuah langkah pembukaan cantik. Tinggal langkah berikutnya yang perlu kita tunggu.

Namun ada satu hal yang masih mengganjal untuk acara esok hari, yaitu adanya rencana pengerahan ribuan masa pendukung Jokowi-Ahok yang akan mengenakan baju kotak-kotak khas mereka.

Hmm … Menurut saya itu sebuah langkah bidak buruk dalam sebuah papan catur bernama Jakarta.

Bukankah Jokowi-Ahok sekarang bukan lagi milik mereka semata. Jokowi-Ahok sudah menjadi milik seluruh rakyat Jakarta. Berkumpulnya masa dalam jumlah banyak mengenakan baju kotak-kotak akan membuka luka lama. Ini akan mengembalikan ingatan orang tentang sebuah persaingan maha sengit yang berpotensi membangkitkan kebencian yang telah luruh beberapa hari terakhir ini. Untuk menjaga suasana kondusif Jakarta, akan lebih bijak jika orang-orang yang berkumpul itu mengenakan baju putih-putih sebagai simbol rekonsiliasi atau pakaian adat Betawi sebagai bentuk penghormatan kepada budaya lokal.

Secara pribadi saya berpendapat bahwa rencana pengerahan masa berbaju kotak-kotak pada acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI bukan sebuah langkah bijak dan lebih baik dibatalkan. Baju kotak-kotak mungkin adalah kenangan indah pada 53% penduduk Jakarta, tetapi bisa jadi meninggalkan  kesan buruk bagi 47% sisanya. Bahkan untuk Jokowi dan Ahok pribadi, saya sarankan agar menyimpan dan tak pernah lagi memakai baju kotak-kotaknya sepanjang mereka masih menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Anda berdua akan memimpin seluruh rakyat Jakarta Bung !

Bukan memimpin 53% pendukung Anda !

Tapi itu terserah mereka …

.

Wallahu ‘alam bishawab.


TAGS


Comment
  • kamov 4 years ago

    Penulis ini lg gelitikin macan yg lg makan enak, jd bonyok deh dicakarin…hehehehe. Sedemokratis apapun org kita, ngakunya seh, tetep kalo idolanya disinggung, kluar deh esmosinya n bukan lagi logika. Liat tu Arbi Sa*it si doktor politik, tetep aja sentimen n slalu ngomong negatif kalo bahas 1 partai tertentu, padahal dia doktor loh. Jadi saran saia, mulailah memasang bendera oposisi kalo dah mulai keliatan tingkah ahok ato jokowi mulai macem2 ga sesuai janjinya. Ato misal belakangan ketauan kalo jabatan2 kepala dinas diobral buat orang2 dekat partai kebo ato kepala burung itu. Nah, kalo pas itu kita ingetin dan fans nya masih nyalak juga, taulah kita macam apa fans2nya itu sebenarnya.

  • Thomas 4 years ago

    saya hanya mengingatkan pada semua, jangan lah pake baju kotak-kotak pada saat pelantikan gubernur dan wakil gubernur, itu sangat menyinggung perasaan rakyat jakarta, apabila anda pake baju kotak-kotak ga pake celana alias telanjang …. hehehe

  • ronie 4 years ago

    menurut sy sah2 aja orng hadir dipelantikan jokowi-ahok memakai baju kotak2,itu hak setiap orang untuk mengapresiasikan diri toh mereka telah bekerja keras untuk mensukseskan jokowi-ahok menjadi orng nmr 1 dijakarta dan luapan kegembiraan itu diinterpresiasikan dgn memakai baju kotak2 dihari pelantikannya

  • budiasrawan 4 years ago

    sepanjang simpatisan tersebut datang atas kesadaran sendiri dan bukan dari perintah jokowi, saya rasa wajar-wajar saya, sepanjang tertib dan santun, justru ini ujian pertama dari jokowi, apakah pelatikanya bisa berjalan tertib atau tidak

  • Nasrudin 4 years ago

    Pemilukada yang lalu telah membuktikan “kedewasaan” warga DKI. Di satu sisi saran penulis baik dan masuk akal. Tetapi di sisi lain, baju kotak-kotak juga akan mengingatkan pasangan Jokowi- Ahok terhadap janji-janjinya ketika berbaju kotak-kotak. Menang-kalah adalah konsekuensi bagi peserta ( yang dipilih ). Sementara bagi warga DKI kemenangan yang sebenarnya adalah ketika tercapainya perubahan ke arah yang lebih baik. So, selamat kepada seluruh warga DKI! Sampaikan harapan Anda kepada pemimpin yang baru, meskipun bukan pilihan Anda.

  • KucingG4rong 4 years ago

    tidak ada himbauan bagi yg akan mengikuti/melihat pelantikan menggunakan baju kotak-kotak, semuanya diserahkan kepada masing-masing individu. Apabila masih banyak yg menggunakan baju kotak-kotak dalam acara tsb, itu hanya sekedar ekspresi pendukung Jokowi-Ahok atas terpilihnya harapan mereka. Saya juga yakin hanya sedikit dari pihak yg mendukung pertahana akan menghadiri acara tsb yg merupakan representasi sekitar 29% pemilih, selain 37% pemilih golput dan 34% pemilih JB. Jadi kalaupun masih sakit hati “cuma” sebagian kecil dari mayoritas pemilih yg menikmati pelantikan tsb.

  • tanggo 4 years ago

    Lho…yang datang pada berkumis aja ngak masalah….trus knapa dgn yg kotak?

  • udin 4 years ago

    Biarlah mereka bergembira dan bangga dengan baju kotak2nya saat ini. Karena bisa jadi setahun lagi orang bakal malu memakai baju kotak2. Hahahaha……

  • Adam Sangad 4 years ago

    Simpel saja berpikir bung…! Biarkan saja pendukung Jokowi dg baju kotak-kotaknya. Ga ada yg salah juga mereka merepleksikan kegembiraan. Ini omongan orang kalah, selalu tak senang kalo melihat orang senang. Dan maaf, gw juga tak pernah mendukung Jokowi maupun Foke, karena gw bkn orang DKI. Tp gw asik-asik aja….

  • edyson linnong 4 years ago

    biarkan kotak2 melampiaskan kegembiraan mrk… lega setelah berjuang bbrp bulan memenangkan kotak2 jd gubernur dki..

  • Subadut 4 years ago

    Sepertinya bukan dikerahkan, tapi inisiatif mereka sendiri untuk datan dan bersama2 menyaksikan pelantikan. Kalau pake baju kotak2 ya karena memang identitas awalnya begitu, yg penting setelah ini pak Jokowi-Basuki milik semua warga Jakarta. Kita lihat, kita kawal dan kita kritisi apa saja yg telah mereka janjikan pada saat kampanye, dijalankan atau tidak? Untuk Jakarta yg lebih baik, dan Indonesia yg lebih baik

  • yoeses 4 years ago

    mending begitu tidak apa2 daripada pakai baju putih2 yang sok suci tapi hatinya merampok , jadi preman sok suci padahal ini orang yang hatinya kotor

  • ES 4 years ago

    Kalau cuma issue / gossip sepertinya g perlu dibahas

  • done 4 years ago

    sudahlah gak perlu diperpanjang dan diambil hati. yang penting sekarang adalah bagaimana kita semua bekerja dan melampiaskan seluruh energi demi bangsa Indonesia, gak perlu lihat apakah kotak2, berkumis, merah, biru, hijau daun atau apapun itu. maju terus Indonesia-ku

  • agung_iwan 4 years ago

    kalau damai pake baju apa saja bagus, dari pada berbaju jubah sok suci, agamais, dan munafik, tindakan brutal mengatasnamakan agama, tapi tindakan bejat seperti komunis…………Bravo JOKOWI - Ahok

  • ada ajah 4 years ago

    klo misal si kotak2 ini ternyata kinerja nya bagus, jadi pgn tauu gmn penerimaan si baju putih2…

  • Ordinary Man 4 years ago

    Ya kita liat aja apakah hari ini sama dengan euforia foke 5 tahun yang lalu ternyata hasilnya tidak sesuai harapan. Kalo johok cuman menang “hore-hore” doank, 5 taun lagi juga bakalan mudik ke solo…

  • ivan 4 years ago

    baju kotak2 membuka luka lama dan kenangan buruk??? .. gak usah ddramatisir, sy bukan pendukung demokrat waktu 2009, tp sampai sekarang liat bendera demokrat, kaus demokrat biasa aja tuh, bahkan dirumah sy jg ada kaus demokrat yg kadang2 sy pakai drumah,…santai aja bro, gak udah menggiring opini

  • naga banda 4 years ago

    kan itu euforia suatu pendukung terhadap idolanya,, saya rasa penulis blog ini tralu jauh menilai sebuah kebanggaan suatu pendukung thdp idolanya… anda sebaiknya menulis yang bermanfaat saja jangan hanya bisanya menilai sesuatu hal atau apapun itu yg menurut saya tulisan anda ini hanya pepesan kosong belaka tanpa ada makna yang bisa diambil. jika anda tidak tampilkan komentar saya itu sama saja anda tidak bisa menilai diri anda sendiri sebagai seharusnya sikap seorang blogger… terima kasih kalo sudah dimuat

  • onas 4 years ago

    map nih bang, koq jakarta mau di kotak-kotakin yaa….

  • jars 4 years ago

    ya wajar sajalah mereka memakai baju kotak-kotak yang sudah menjadi trademark-nya… , masak iya kalau kita nonton konser SLANK trus bawa spanduk trio macan ? kan gak lucu…. atau ketika datang ke tempat Iwan Fals… trus kita pakai pakaian kraton… ya ra match tho…, jadi ya disesuaikan lha…. suka-suka ajalah, yang penting kagak ngelemparin orang lain dengan batu atau bikin rusuh tho….., lihatlah ketika jokowi menang dalam pemilihan.. adakah arak-arakan? adakah tabuh-tabuhan…kagak ada jeck… tapi coba bayangkan kalau misalkan foke yang menang… dijamin dah kagak bakalan bisa nikmati jalanan raya.. bakal macet oleh arak-arakan dan sindiran-sindiran serta cibiran…. glek’s

  • mbah 4 years ago

    apa artinya corak baju..dibandingkan niat tulus meraka..jangan liat dari kulitnya tapi liat dari dalamnya,,yg penting maju bersama untuk masa depan jakarta dan indonesia pada umumnya..merdeka

  • Alex Tarore 4 years ago

    ya sudahlah, mereka bila ingin pesta dan merayakan hari yg gembira ini. 1 hari saja tidak usah dibuat gaduh. yg terpenting mulai besok kita semua warga DKI bersatu dan membantu membangun Jakarta bersama

  • Erfan 4 years ago

    Tidak setuju saya:
    karena ini bukan instruksi pak jokowi-ahok ….. lagian kata Pak Tukinem di atas “bahwa ini adalah puncak kemenangan kotak-kotak” saya yakin pak jokowi-ahok akan lebih memihak ke jakarta daripada pendukungnya. Skr berpikir positif saja dulu …..

  • 18211821 4 years ago

    sepertinya penulis dan salah satu komentator mungkin pendukung lawan politik jokowi dan ahok sehingga apa-apa dikaitkan dengan sensifitas orang lain …… dimana pemakaian baju kotak-kotak dikaitkan dengan masa lalu kampanye yang sengit ….. DEWASA lah sedikit melihat pemakaian baju itu … kalau melihat kutipan anda berarti Fauzi Bowo juga tidak bisa datang berkumis donk …….

  • alay 4 years ago

    Gw bukan pecinta baju kota-kotak dan juga bukan simpatisan mrka… tapi saya positif aja…. yg penting lihat ahasil kerjanya… krn banyak pemimpin LANGKAH awal dan sampai tengah berjalan mulus tapi hasilnya MEMUAKKAN, Malah sebaliknya langkah awal jelek akhir memuaskan…. so…. lo pikir aja sendiri wahai penulis…!!!

    Mrka pakai baju kota-kotak krn mrka mengekspresikan mrks sukses dan senang seperti anda yang punya pikiran kalau pakai putih-putih itu bagusssss…….!!!! so jgn suka punya pemikiran yang sempit yang kadang suka mengkebiri kebebasan mengutarakan ekspresi kesenangan mrka dgn cara visual menggunakan baju kotak-kotak.

    Untuk aja bukan pakai bom merayakannya…. itu baru namanya kebebasan kebablasan.

  • Fauzi 4 years ago

    menurut saya sah-sah aja, toh mereka yang berbaju kotak-kotak sukarela datang, bukan dikerahkan, justru yang harus dikawal itu adalah janji-janji jokowi-ahok. Jadi yang dikomen yang penting-penting aja kali yah.

  • muhtarom 4 years ago

    wah tidak usah berlebihan deh itu kan cuma ide simpatisannya aja bkan jokowi yg menggerakkannya

  • joy 4 years ago

    setuju banget…kita sudah lihat betapa sportifnya pak kumis dan pendukungnya,,,saatnya jokowi&pendukungnya melupakan euforia kemenangan saatnya mengawal kerja jokowi ahok untukpendukung kotak&kumis karena sekarang jokowi milik semua warga jakarta!!!!!

  • L 4 years ago

    ha ha ha , ada2 saja kotak2 dikait2kan

  • KADAL BOESOEKKK 4 years ago

    Biarkan Pendukung Jokowi Ahok melampiaskan ”Kegembiraannya” .. Gitu ajaa koq repot .. Jangan Dipolitisir dehh yaa .. Sah2 ajaa koq mereka pakai baju kotak2 wong mereka ”Berani Mati” koq mendukung Jokowi n Ahok .. Udehh2 jangan dipolitisir lagi yakk

  • rendra 4 years ago

    Terus kalau pake baju kotak2 masalah buat loe,,??
    sebetulnya dengan kata2 anda itu sedikit menghasut bung.

  • luvhints 4 years ago

    selalu saja ada orang berpikiran dangkal, katrok, norak dan idup lagi
    mau pake baju kotak-kotak kek, katok-katok kek suka2 yg pake dong
    gag pernah ada orang tawur atau kesinggung gara2 pake kotak2 satunya kagak
    dangkal banget…

    pengerahan ribuan masa pendukung Jokowi-Ahok yang akan mengenakan baju kotak-kotak khas mereka. WTF??
    tolong kasih link ya masbro kalo buat statement
    gw dateng kepelantikan karena gw pengen dateng, FYI gw cuma pake kaos.
    MASALAH BUAT ELO??

  • rendawati 4 years ago

    Aspirasi pendukung dari pasangan ini tidak bisa kita dikte, toh negara ini negara demokrasi yang bebas mereplikakan bentuk dukungan kepada pasangan ini, sah-sah saja bukan?

  • haji 4 years ago

    Apa udah ada izin bang habib rizieq itu ya……..

  • idul 4 years ago

    dengan adanya baju kotak-kotak pelantikan jokowo ahok jadi tak semarak

  • bolanhok 4 years ago

    gw mau pake baju kotak2 kek, baju batik kek, ga pake baju kek, apa urusannya dgn lu ?

  • Anunia 4 years ago

    Saya sependapat dengan penulis. Sekarang saat-nya kerja keras (mengutip kata-2 mutiara Pak Dahlan Iskan)…

  • yanto 4 years ago

    kecuali kalau jokowi yg minta massa pakai kotak kota itu baru layak dikomentari.
    menurut ane pribadigak masalah massa kotak kotak berkumpul,
    karena ini bisa dibiang titik puncak deklarasi kemengangan tim kotak kotak,
    melihat kerja mereka semasa kampanye yang menurut ane mengagumkan (empat jempol)dan sangat mencerminkan cinta jakarta,
    biarlah mereka merayakan puncak kemenangannya.

  • tukinem 4 years ago

    asalkan simpatik, tidak merusak, hangat, ya tidak apa-apa, dari pada pake baju suci, tapi merusak dan membuat was-was…

-

Author

Follow Me